Money Laundering

Pertanyaan :

Saya mau tanya, jika kita menerima uang dari orang luar negeri dan ia mau menginvestasikan ke kita, tetapi tanpa melewati jalur hukum hanya antara saya dan dia apakah itu termasuk money laundering?

Jawaban :

Money laundering, atau disebut juga laundering, menurut Black’s Law Dictionary 7th Edition adalah:

“the federal crime of transferring illegally obtained money through legitimate persons or accounts so that its original source cannot be traced.”

Di Indonesia, money laundering ini disebut sebagai pencucian uang, dan diatur dalam UU No. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (“UU No. 8/2010”). Menurut pasal 1 ayat (1) UU No. 8/2010, yang dimaksud dengan pencucian uang adalah segala perbuatan yang memenuhi unsur-unsur tindak pidana sesuai ketentuan UU No. 8/2010 ini. Adapun perbuatan-perbuatan yang menjadi tindak pidana menurut UU No. 8/2010 adalah:

1.      Menempatkan, mentransfer, mengalihkan membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, mengubah bentuk, menukarkan dengan mata uang atau surat berharga atau perbuatan lain atas harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana dengan tujuan menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaan (pasal 3)

2.      Menyembunyikan atau menyamarkan asal usul, sumber, lokasi, peruntkan, pengalihan hak-hak, atau kepemilikan yang sebenarnya atas harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana (pasal 4)

3.      Menerima, menguasai penempatan, pentransferan, pembayaran, hibah, sumbangan, penitipan, penukaran, atau menggunakan harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana (pasal 5)

Dari rumusan-rumusan di atas, hal-hal penting yang perlu diperhatikan adalah:

1.      Adanya harta kekayaan yang diketahui/patut diduga merupakan hasil tindak pidana;

2.      Untuk menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaan.

Jadi, anda harus mempertimbangkan kedua faktor di atas. Apakah harta kekayaan (dalam hal ini uang yang akan anda terima) diketahui atau patut diduga merupakan hasil tindak pidana? Jika ya, maka tindakan anda menerima uang untuk diinvestasikan tersebut dapat dikategorikan sebagai tindak pidana pencucian uang.

Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat.

Dasar hukum:

Undang-Undang No. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang

1 Comment

Filed under hukum Pidana, ISU HUKUM, Uncategorized

One response to “Money Laundering

  1. Melda

    Dgn hormat, Kepada blog bantuan Hukum Rico.
    Sy merupakan Salah 1 teman baik dr salah 1tahanan atas dugaan kasus narkoba dan money laundry yang sudah menjalani setengah masa tahanan diakibatkan naiknya masa hukuman karena pengajuan kasasi.
    Pmjatuhan hukuman pertamanya 3thn tp karena mgajukan kasasi mnjadi naik masa hukuman mnjadi 6thn.
    Pdhl tmn sy adalah korban jebakan kasus narkoba dan money laundry… Selaku tmn, sy ingin mndpat kan sebanyak2 nya info mengenai bgmana agar remisi bs didapatkan . Sdgkan kita tau jk di pp99 skg menetapkan pengetatan remisi ditambah pembayaran denda yg tidak masuk akal jumlahnya.

    Temn sy mrupkn punggung keluarga yg sgt diperlukan kebebasannya terkait keluarga yg sgt ingin keadilan ini ditindaklanjutkan.

    Balasan anda merupakan bantuan yg sgt berarti bgi saya.
    Terima kasih .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s